Apa Itu Abusive Relationship Dan Gaslighting?

Orang-orang yang suka melakukan gaslighting cenderung memiliki gangguan kepribadian narsistik. Gangguan psychological ini membuat mereka Slot Gacor merasa dirinya lebih penting dari orang lain. Mereka tidak akan tertarik dengan hal lain, kecuali hal itu ada hubungannya dengan mereka.

Apa itu gashlighthing

Tindakan gaslighting ditunjukan dengan cara membuat sang istri percaya bahwa dirinya gila dengan membuat perubahan di lingkungan sekitar istrinya. Tidak hanya itu, namun Boyer juga melecehkan dan mengendalikan istrinya. Bagian dari apa yang membuat sulit bagi korban untuk meninggalkan situasi gaslighting adalah bahwa pelaku adalah seseorang yang mereka sayangi, mereka hormati, atau memiliki hubungan dengannya. “Anda mungkin memiliki banyak hal indah yang terjadi dalam hubungan itu,” kata Stern – tetapi tidak ada gunanya jika itu merusak realitas Anda. Gaslighting merupakan bentuk kekerasan emosional yang sering terjadi dalam suatu hubungan baik percintaan, pertemanan, bahkan di lingkup keluarga. Gaslighting adalah bentuk manipulasi dan control psikologis yang berbahaya.

Tentunya, semua menjadi lebih rumit saat Anda menjalin hubungan jangka panjang dengan pelaku gaslighting. Setelah mendapatkan hati korban, biasanya pelaku akan memulai taktik kekerasan emosional mereka dengan cara menghina, mengkritik, gaslighting, mempermalukan, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk mendapat energy dan kontrol dalam sebuah hubungan. Belum lama ini, sebuah akun media sosial @jerujiemas menghebohkan jagat dunia maya dengan thread yang menceritakan sosok R , yang menjadi korban gaslighting oleh kekasihnya NC . Pelaku pelecehan emosional biasanya akan konsisten melakukannya untuk mendapatkan kendali dan kekuasaan dalam suatu hubungan.

“Jadi karena dia punya sifat narsistik, dia cenderung ingin selalu dianggap benar, sekalipun ia melakukan kesalahan. Nah, untuk menutupi kesalahannya itu, ia harus berbohong berkali-kali sampai akhirnya mampu memanipulasi lawan bicaranya,” paparnya. Untuk memanfaatkan kerentanan, biasanya ini akan terjadi, seperti bilang “Lihatlah semua keluarga membicarakan kamu, mereka ragu dan itu sangat menyedihkan”. Pelaku cenderung memaksa korban untuk mempertanyakan pikiran, ingatan dan peristiwa yang terjadi sekitar mereka. Bahkan seorang korban akan didorong hingga mereka mempertanyakan kewarasan mereka sendiri.

Perselisihan merupakan hal wajar yang terjadi dalam rumah tangga, bagaikan bumbu penyedap. Namun, ketika setiap bertengkar kamu merasa pasangan kamu selalu memotong omongan, dan tidak membiarkanmu berbicara, bisa jadi ini ciri-ciri gaslighting. Karena gaslighting bisa mengganggu kesehatan mentalmu dan juga rumah tanggamu.

Selain itu, kepribadian sosiopat, psikopat, dan diktator juga menjadi penyebab timbulnya gashlighting. Seseorang yang bersikap diktator cenderung lihai dalam memanipulasi keadaaan dan kebohongan menjadi kebenaran. Istilah gaslighting ramai diperbincangkan sejak kemunculan movie yang berjudul Gas Light, yaitu movie adaptasi tahun 1940 dan 1944. Pada film tersebut menceritakan tentang seorang tokoh laki-laki yang melakukan manipulasi kepada istrinya dan meyakinkannya bahwa ia sudah gila.

Alasan gaslighting terjadi Orang mencari kekuasaan dan kendali dalam hubungan karena berbagai alasan, sehingga rasionalisasi untuk gaslighting bervariasi dari setiap kasus. Untuk mendapatkan kendali dan kekuatan, pasangan memanfaatkan perilaku gaslighting dan membuat kita merasa nggak aman. “Ini adalah taktik yang digunakan salah satu pasangan dalam upaya untuk mengerahkan kekuasaan, mendapatkan kendali, dan menimbulkan kerusakan emosional di pihak lain,” imbuh dia. Sulit mempercayai orang lain biasanya merupakan bahaya dari gaslighting dalam hubungan ketika kisah tersebut sudah berakhir. Tidak hanya berbahaya untuk diri sendiri, gaslighting dalam hubungan juga bisa berdampak pada kehidupan sosial Anda.

Korban yang sudah terlanjur terkena brainwashing yang dalam akan mengikuti perkataan pelaku karena pelaku mengancam bahwa mereka akan mengambil hal terpenting mereka. Pelaku akan mengejek dan mencemooh kualitas dirimu agar kamu terlihat lebih rendah dibanding mereka. Setiap anak memiliki sesuatu yang unik dan indah untuk ditawarkan kepada dunia. Kemudian, sempatkan waktu berbagi dengan anak tentang hal-hal yang Mama sukai darinya.

Jika tidak memiliki orang yang bisa kita percayai, jangan ragu untuk berkonsultasi ke psikiater atau psikolog. Jika kita merasa masih bisa memperbaiki hubungan tersebut dengan berdialog, maka jangan ragu untuk mengkonfrontasi gaslighter. Jika menyadarinya pun, korban terkadang sulit lepas dari jeratan pelaku. Dengan begitu, pelaku dapat mendominasi korban dan mengontrol pikirannya sesuai keinginannya.