Cara Mengobati Covid Dengan Isolasi Mandiri Di Rumah

Namun, apabila demam terus-menerus memasuki hari ketiga, dianjurkan untuk membawa anak periksa ke fasilitas kesehatan. “Virus corona sebelum mencapai paru-paru ia tetap di tenggorokan selama empat hari dan pada saat ini orang mulai batuk dan sakit tenggorokan. Jika dia minum banyak air dan berkumur dengan air hangat & garam atau cuka menghilangkan virus.

Cara untuk menyembuhkan covid

Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%, terutama setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum. Pantau perubahan gejala cara penanganan virus corona (photo/istock/Maryviolet)Cara penanganan virus corona selanjutnya yaitu dengan selalu memantau perubahan gejala. Jika memungkinkan, minimalkan kontak dengan orang-orang rumah, tinggallah di kamar dengan sinar matahari dan ventilasi yang cukup.

Di Indonesia, pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk menekan penyebaran virus ini. Sebisa mungkin jangan melakukan pertemuan dengan orang yang sedang sedang sakit. Larang orang lain untuk mengunjungi atau menjenguk Anda sampai Anda benar-benar sembuh. Selain itu, tes menggunakan alat GeNose juga bisa digunakan sebagai skrining atau pemeriksaan awal untuk mendeteksi virus Corona. Virus ini menular melalui percikan dahak dari saluran pernapasan, misalnya ketika berada di ruang tertutup yang ramai dengan sirkulasi udara yang kurang baik atau kontak langsung dengan droplet.

Batuk, bersin, atau berbicara dapat menghasilkan percikan yang dapat menjadi sumber penularan. Percikan ini dapat menempel di wajah orang lain di dekatnya dan lingkungan sekitar. Jika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara saat mengenakan masker medis, penggunaan masker dapat membantu melindungi orang-orang terdekat dari infeksi. Jika orang sakit perlu pergi ke fasilitas kesehatan, mereka harus memakai masker medis. • Tetaplah tinggal di rumah dan lakukan isolasi mandiri meskipun hanya memiliki gejala ringan seperti batuk, sakit kepala, dan demam ringan sampai Anda sembuh.

Jika Anda mengalami gejala ringan, seperti batuk ringan atau demam ringan, secara umum tidak perlu mencari pertolongan medis. Pasien yang positif terkena COVID-19 tidak selalu menunjukkan gejala yang berat. Bahkan, kebanyakan kasus seringnya tak memunculkan gejala atau hanya berupa gejala ringan seperti batuk kering dan sakit tenggorokan. Jika Anda merupakan salah satu yang mungkin terjangkit COVID-19 dan ingin melakukan perawatan di rumah, berikut hal-hal yang harus dilakukan.

Wawaimuli mengatakan, vaksin sesungguhnya berguna untuk pencegahan virus apa saja, bukan untuk pengobatan. Sementara, untuk pasien yang dinyatakan telah sembuh dari Covid-19, penanganannya hanya menggunakan obat-obatan yang dapat mengurangi gejala yang dirasakan pasien. Bila ragu dan ingin menunda, sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter atau petugas kesehatan lain. Bersihkan permukaan benda dengan sabun dan air, lalu beri disinfektan yang mengandung klorin, misalnya zero Kong4D.1% natrium hipoklorit atau alkohol 60-90% setidaknya sekali sehari.

Banyak cara untuk bisa memulihkan jenis penyakit tersebut jika memang tergolong batuk kering biasa. Umumnya penyakit batuk tidak terlalu dipandang sebagai suatu penyakit yang mesti diwaspadai. Apalagi, jenis penyakit terbilang bisa sembuh sendiri dalam waktu relatif singkat. Caranya cukup dengan menambah porsi beristirahat serta menjauhi penyebab batuk. Tidak, obat Kumur antiseptik LISTERINE® belum pernah diuji terhadap virus corona sebagai pembilas pra-prosedural untuk perlindungan terhadap COVID-19.

Saat ini, tidak ada cukup bukti untuk menyarankan atau mencegah penggunaan masker oleh orang sehat di masyarakat. Namun, WHO secara aktif terus mengikuti pengetahuan yang terus berubah mengenai penggunaan masker dan terus memperbarui panduannya. • Jika Anda demam, batuk, dan kesulitan bernapas, segeralah cari pertolongan medis dan tetap memberitahukan kondisi Anda terlebih dahulu. WHO merekomendasikan untuk menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain. Jarak ini merupakan ukuran umum tentang seberapa jauh semua orang harus saling menjaga jarak walaupun mereka baik-baik saja tanpa diketahui terpajan COVID-19 atau tidak.