Menangkap Peluang Ledakan Harga Bitcoin

Kedua, makin “galak” nya sejumlah pemerintahan negara besar terhadap pasar crypto. China, yang sudah mulai roll out Digital Yuan, mata uang crypto resmi versi financial institution sentral China, semakin rajin melakukan sweeping terhadap mata uang crypto lain untuk tidak lagi digunakan di dalam negeri. Pemerintah federal Amerika juga berniat untuk menerapkan pajak terhadap keuntungan dari hasil perdagangan cryptoasset. Selain itu, pemerintah Amerika juga sudah beberapa lama mulai melakukan penyelidikan terhadap Binance, crypto trade terbesar di dunia, atas indikasi pelanggaran aturan keuangan dan memfasilitasi transaksi ilegal. Walaupun rontoknya pasar crypto ini sangat berdekatan dengan momen “Dogefather” berfatwa, tapi para pengamat menganggap hal kedua ini yang menjadi penyebab basic amblesnya nilai pasar secara signfikan selama seminggu terakhir.

Bentuk aset yang berupa deposito dan obligasi sesuai dengan prinsip syariah apabila menggunakan akad ijarah atau sewa-menyewa maupun mudharabah atau bagi hasil. Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo memperingatkan agar masyarakat tidak memperdagangkan atau membeli bitcoin, lantaran tidak ada badan regulator yang melakukan supervisi mengenai bitcoin. Dompet yang dimaksud lebih mirip seperti rekening bank digital yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima bitcoin, berinvestasi maupun bertransaksi.

Sebagai contoh, dengan menggunakan SWIFT proses pemindahan uang antar negara membutuhkan waktu antara satu sampai tiga hari; beban biaya akan dikenakan baik di sisi financial institution pengirim maupun financial institution tujuan. Selain itu, SRB juga menetapkan perbandingan penjualan Lumens dengan nilai tukar yang diperbolehkan dalam Islam. SRB juga memberi panduan pada Stellar mengenai jenis aset yang bisa diperdagangkan di platform miliknya. Ya, hal inilah yang kini dijadikan sebagai cara baru oleh salah satu masjid di Dalston, London timur, Inggris. Masjid yang disebut Shacklewell Lane ini, menjadi masjid pertama yang menerima cryptocurrency guna pembayaran zakat yang wajib dilakukan umat Islam menjelang hari raya Idul Fitri.

Apakah Crypto halal?

Demikian sedikit sharing terkait tinjauan halal-haram nya produk crypto, baik cryptocurrency maupun cryptoasset. Dari postingan di atas, jelas bahwa niatan awal dari Satoshi adalah menciptakan satu sistem pembayaran elektronik alternatif yang tidak memerlukan pihak ketiga sebagai penjamin. “Pihak ketiga” dalam hal ini bisa diartikan sebagai sistem perbankan.

Apakah boleh atau tidak, meningat bitcoin tidak hanya sebagai alat tukar, melainkan juga alat investasi. Ketika berada pada masalah nilai intrinsik Bitcoin – atau potensi kekurangannya – ini merupakan hal yang cukup menarik. Hukum-hukum Islam memerlukan mata uang halal yang memiliki nilai intrinsik, dan mata uang digital tampaknya sesuai dengan kriteria tersebut. Tidak seperti mata uang kertas, yang diwakili oleh media kertas yang juga rentan terhadap kerusakan, kehilangan serta pencurian, Bitcoin memiliki nilai intrinsik, nilainya tidak dapat dirusak melalui duplikasi dan cara ilegal lainnya. Mata uang memiliki konsep yang aneh, karena sangat sulit untuk menentukan apa yang membuat media tertentu atau seseorang untuk dapat menilainya secara hukum, benar atau tidak.

Bila sudah dimatangkan betul, buka rekening Bitcoin Wallet di situs terpercaya blockchain.com untuk mulai registrasi dan verifikasi. Tujuannya untuk memudahkan pemantauan naik turun nilai Bitcoin secara actual time. Pastikan bahwa calon investor Botcoin sudah memiliki uang khusus yang digunakan untuk investasi. Uang investasi yang dimaksudkan adalah uang di luar biaya kebutuhan hidup dan dana darurat. Pembatasan jumlah peredaran inilah yang membuat cara investasi Bitcoin semakin menarik dipahami.