Penerapan Blockchain Di Indonesia

Menjanjikan alternatif instrumen dengan return yang sangat menarik. Analisa chart untuk menganalisa harga secara teknikal, seperti histori transaksi . Transaksi blockchain memerlukan waktu untuk settlement, waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit untuk Bitcoin, dan 5-10 menit untuk aset lainnya. Aset kripto yang dimiliki bisa ditransfer ke change lain atau bisa ke sesama anggota di satu exchange. Tinggal mengisi alamat pockets yang dituju untuk kirim keluar exchange atau menuliskan person ID untuk kirim ke dalam satu trade.

Masyarakat Indonesia sedang banyak bermain crypto

Pedagang Fisik Aset Kripto adalah exchange yang saat ini digunakan investor untuk melakukan jual beli aset kripto. Sifat cryptocurrency yang terdesentralisasi, tanpa bank sentral, membuatnya mudah untuk transaksi di dunia digital. Bitcoin, salah satu mata uang virtual atau cryptocurrency yang sudah diperdagangkan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Bahkan investasi bitcoin semakin digandrungi banyak orang karena harganya yang diperkirakan terus naik.

Fee untuk deposit rupiah ke rekening change untuk bisa melakukan pembelian aset kripto. Dibutuhkan waktu beberapa menit sampai 1 x 24 jam untuk proses penarikan rupiah. Karena trade menggunakan jaringan perbankan untuk mengirimkan uang, lama cepatnya ditentukan oleh proses di financial institution juga. Jenis pair aset kripto yang bisa diperdagangkan berbeda – beda di setiap trade. Setahu saya, Indodax saat ini paling banyak menawarkan pair aset kripto, dengan mencapai 100 lebih pair aset kripto.

Dengan bitcoin juga, transaksi antar-negara menjadi sangat mudah dan privat karena bitcoin sendiri tidak terikat pada negara, hukum atau regulasi manapun. Sama seperti KoinP2P dari KoinWorks, bitcoin menggunakan sistem peer to see . Secara umum, analisis teknikal merupakan sebuah teknik memprediksi pergerakan harga berdasarkan pembacaan grafik. Nah, grafik sendiri bermacam-macam di mana yang paling populer adalah candlestick karena bentuknya seperti lilin dan yang paling mudah dipelajari untuk pengguna pemula. Namun perlu diingat oleh trader untuk berhati-hati memilih koin dalam investasi ini, karena banyak jenis yang belum populer dan pergerakan harganya sangat agresif.

Setidaknya, terdapat dua perusahaan yang telah menggunakan alat transaksi ini, yaitu Overstock dan Newegg. Berbeda dengan mata uang konvensional yang bersifat terpusat, mata uang digital aset kripto justru bersifat desentralisasi. Tidak ada pihak yang hadir dan berperan sebagai perantara dalam suatu transaksi. Pembayaran dengan mata uang digital berlangsung dari pengirim ke penerima (peer-to-peer). Namun, seluruh transaksi yang dilakukan tersebut tetap dicatat dan dipantau dalam sistem jaringan aset kripto.

Berbeda dengan order taker, yang mengikuti harga di pasar saat itu. Cara deposit bisa bermacam – macam dan setiap trade punya kebijakan sendiri – sendiri soal deposit. Saat selfie pastikan wajah berada di tengah agar fotonya sesuai dengan wajah dan pada foto liveness, consumer akan diminta untuk melakukan salah satu gerakan. Ketika mengambil foto pastikan tahan gerakan selama 3 detik, jika gagal silahkan ulangi kembali sampai maksimal three kali, jika sudah berhasil silakan pilih tombol selesai, dan tunggu konfirmasi di e-mail. Pemilik bitcoin akan mendapatkan ‘private-key’, yang merupakan kode unik untuk bisa mengakses bitcoin.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat tidak mungkin bisa dipungkiri sebagai konsekuensi dari adanya globalisasi yang akan terus berkembang. Perkembangan globalisasi ini menghasilkan begitu banyak inovasi di bidang teknologi khususnya teknologi finansial, salah satunya adalah bitcoin yang belakangan ini marak diperbincangan di kalangan pengusaha. Bitcoin merupakan sebuah mata uang yang merupakan terbitan dari cryptocurrency dan memiliki suatu sistem algoritma yang kompleks. Belum adanya hukum di Indonesia yang khusus mengatur mengenai bitcoin ini mengakibatkan tidak adanya kejelasan mengenai konsekuensi hukum yang diterima bila seseorang menggunakan bitcoin sebagai alat transaksi jual beli.

Tidak heran, kondisi seperti ini cenderung membuat Bitcoin terus menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia dalam melakukan investasi alternatif selain perdagangan emas dan saham. Asal tahu saja, harga aset kripto seperti Bitcoin sendiri dalam satu pekan sedang bergerak naik dibandingkan bulan Desember lalu. “Bisa mencapai US$ eighty ribu per koin dalam waktu dekat,” ucap Afid. Moon atau to the moon merupakan istilah untuk menggambarkan aset kripto yang tengah naik tinggi, bahkan mencapai nilai puncak, baik dari segi nilai maupun volume penjualan.

Upaya tersebut dilakukan menghadirkan ratusan puluhan konten menarik setiap harinya melalui media sosial resmi Indodax serta aktif memberikan edukasi melalui website Indodax.Academy. Wamendag Jerry Sambuaga saat ditanya mengenai kapan bursa crypto bisa diluncurkan menjawab bahwa tidak lama lagi harapan masyarakat tersebut akan diwujudkan. Transaksi Bitcoin juga dinilai lebih comfort lantaran tidak memiliki batas waktu transaksi.